Monday, November 7, 2011

Solusi Remote Desktop XDMCP di Ubuntu

Keputusan Ubuntu (atau Gnome) untuk menghilangkan fasilitas Remote Login menggunakan protokol XDMCP dari GDM memberikan dampak kesulitan tersendiri. Setelah versi 9.04 fasilitas tersebut secara resmi dihapus. Display Manager tetap menyediakan layanan XDMCP yang dapat diakses via Remote Client yang artinya pengguna harus login secara lokal baru kemudian melakukan Remote Login ke komputer yang dimaksud. Sampai pada versi 10.10 banyak yang mengatakan fasilitas remote login menggunakan XDMCP ini masih bermasalah dengan bug. Pada versi 11.10 akhirnya saya coba sendiri dengan menghadapi kenyataan bahwa Ubuntu menggunakan LightDM sebagai pengganti GDM.


Solusinya memang tidak seelegan koneksi melalui Display Manager seperti pada 9.04 tetapi apa boleh karena menggunakan XDM juga masih belum bisa. Display Manager saya kembalikan ke GDM itu pun dengan kenyataan lagi bahwa file /etc/gdm/custom.conf tidak lagi ada. Untuk memasang gdm dapat menggunakan perintah sudo apt-get install gdm. Akhirnya untuk memodifikasi setingan GDM bikin sendiri file custom.conf dan di dalamnya diisi :
[xdmcp]
Enable=True
Port=177
dan setelah ini diperlukan merestart GDM dengan perintah /etc/init.d/gdm restart atau dengan mengaktifkan tombol Ctrl + Alt + Backspace atau yang lebih mudah merestart komputer. Dengan ini fasilitas Remote Desktop menggunakan XDMCP telah diaktifkan.


Untuk Client setelah bongkar sana-sini menemukan sebuah program remmina yang dapat melakukan koneksi remote desktop menggunakan XDMCP. Remmina dapat diinstal dengan sudo apt-get install remmina remmina-plugin-xdmcp dan kita bisa melakukan koneksi ke komputer remote.
Di sini kita tinggal memasukkan alamat komputer remote dan menentukan resolusi yang dikehendaki dan kita bisa memulai sesi remote computing.


Dengan menggunakan program remote client ini diperlukan akun lokal bagi pengguna untuk dapat menggunakannya. Sehingga terpaksa disediakan akun untuk umum atau akun guest.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home