Wednesday, November 9, 2011

Mengubah input method default pada sesi grafis Ubuntu

Linux dan kawan2nya menggunakan sistem grafis X untuk menampilkan antarmuka grafis. Pada instalasi Ubuntu saya yang baru ada masalah dengan metode inputnya terutama pada saat akan melakukan renaming file atau folder. Masalah itu muncul setelah saya menambahkan local language Japanese beserta metode inputnya dan melakukan setting default input method Ibus menggunakan program im-switch. Setiap akan melakukan aktifitas input menggunakan keyboard pada sistem (nautilus, dash dll.) keyboard tidak mengeluarkan apa2. Berikutnya saya menyadari bahwa saya bisa melakukan klik kanan pada setiap baris isian untuk memilih metode input yang dikehendaki. Keyboard baru dapat berfungsi setelah mengubah metode input  menjadi selain X Input Method. Bahkan metode input None sekalipun bisa digunakan. Tentu tidak nyaman apabila setiap akan melakukan renaming file atau folder atau hal2 yang berkaitan dengan sistem harus mengubah metode input terlebih dahulu. Setelah baca sana sini ternyata ada yang harus diubah konfigurasinya secara manual yaitu file /etc/alternatives/xinput-all_ALL 


Pada baris yang terdapat :

XIM=
XIM_PROGRAM=
XIM_ARGS=
diubah menjadi

XIM=ibus
XIM_PROGRAM=/usr/bin/ibus-daemon
XIM_ARGS="--xim"


dan sebenarnya konfigurasi ini saya ambil dari file /etc/alternatives/xinput-ja_JA dengan demikian saya menganggap bahwa keseluruhan sistem dapat menggunakan metode input Japanese dan apabila kita menginstal local language China, Korean atau mungkin Arabic (dengan catatan selama semuanya menggunakan metode input Ibus) kita bisa mengaplikasikan untuk keseluruhan sistem. Saya belum mencoba untuk Display Manager dan Desktop Environment selain Gnome3 (LIghtDM mungkin juga bisa) tetapi selama tampilan grafis masih dikelola dengan X saya perkirakan akan tetap bisa digunakan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home