Friday, August 10, 2018

Minetest : Dunia kotak pasir voxel bagi semua orang.


Main video game sepertinya tidak pernah lepas dan sepertinya saat ini menemukan game yang sesuai untuk hampir semua umur. Dasar pemikiran dari bermain game adalah eksperimen mengatasi persoalan yang mungkin jarang dijumpai di dunia nyata tetapi ada kemungkinan hal tesebut terjadi. Mengadopsi dari Minecraft yang tidak lagi gratis Minetest bisa didapatkan secara gratis bahkan dapat dijadikan bahan pelajaran dalam pemrograman game dan grafis karena bersifat open source. Yang membuat menarik adalah tema yang bersifat eksplorasi karena dunia dalam Minetest diciptakan mengikuti pola alam yang asli sehingga dapat menjadi model dalam petualangan. Untuk melengkapi alam yang yang sudah terlihat natural masih ada mods menggunakan bahasa Lua (menurut saya bahasa ini relatif jelas dan sederhana) sehingga game menjadi lebih kompleks.

Bagi saya sendiri yang lebih seru dari memainkan minetest itu sendiri adalah memadu-padankan mods dari berbagai sumber sehingga menjadi sebuah game yang unik sesuai dengan imajinasi kita. Dunia dasar minetest sendiri sebenarnya sudah lengkap untuk sekedar melakukan eksplorasi dan membangun sesuai kreativitas pemain seperti memainkan lego tetapi dengan mods maka pemain akan mendapatkan fasilitas atau tantangan lebih serta hal2 yang tidak terduga berbeda dari game minetest yang lain. Game ini dapat menjadi contoh bagaimana sebuah game computer dibuat mulai dari kode program, tekstur gambar, suara sampai pada animasi dan interaksi dengan pemain dalam lingkungan 3D. Interaksi 3D dalam game hampir merupakan keharusan karena perkembangan hardware dan software. Secara garis besar semua game dibentuk dengan cara yang sama. Ketika semua game menawarkan skenario interaksi dengan dunia yang relatif tidak dapat diubah, minetest menawarkan pada pemain kebebasan. Pemain dapat membuat bangunan atau menggali dan menghancurkan lingkungan di sekitarnya dengan alat yang sesuai. Tidak ada akhir pasti dalam minetest yang perlu dilakukan adalah pemain bergabung kemudian mencoba berinteraksi dengan lingkungan. Beberapa setingan memiliki batasan nyawa apabila pemain kehilangan banyak point nyawa maka akan mati dan kehilangan seluruh barang2nya.

Dunia Minetest tidak mengenal sistem uang karena semua sumberdaya diambil langsung dari alam. Suatu sumberdaya dinilai berdasarkan kesulitan mendapatkannya. Tidak ada sistem scoring dalam game ini karena sepertinya tidak ada batasnya. Setiap usaha yg dilakukan langsung terlihat hasilnya seperti bahan tambang, alat baru atau rumah yang semakin nyaman dan aman. Dalam minetest juga menampilkan kegiatan cocok tanam secara umum sehingga anak2 tahu bahwa bertanam paling tidak perlu air, tanah dan biji

Mods Minetest ramuan saya sendiri yang saya pakai di krambtest.ddns.net:40000.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home