Wednesday, September 20, 2017

Akes Remote Desktop Protocol melalui perangat mobile menggunakan Access To Go by Ericom

Salah satu kelebihan dari Remote Desktop adalah fleksibilitas tanpa tergantung perangkat. Remote Desktop juga memungkinkan dilakukannya remote asistance selama jaringannya terjangkau. Yang diperlukan adalah aplikasi RDP Client salah satunya adalah Access To Go yang tersedia bagi platform Android, IOS. Aplikasi tersebut tersedia gratis untuk fungsi koneksi dasar RDP yang sebenarnya sudah mencukupi. Pengguna Android dapat mengunduh dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ericom.accesstogobyericom sedangkan pengguna IOS dapat melalui https://itunes.apple.com/us/app/accesstogo-remote-desktop-rdp-client/id438699715?mt=8 yang juga gratis.

Tampilan setting juga pada garis besarnya sama, memerlukan alamat server RDP berupa alamat IP contohnya 172.20.43.232, username sesuai yang telah didaftarkan, password, ukuran desktop dan juga pengaturan kedalaman warna.
Untuk koneksi dasar tidak perlu menggunakan RDP Acceleration. Sebelum melakukan koneksi pengguna perlu membuat koneksi baru yang berisi informasi di atas. Untuk kedalaman warna disarankan menggunakan 16 bit karena sudah sangat bagus dan tidak terlalu berat bagi jaringan. Khusus untuk akses ke server RDP berbasis Linux maka diperlukan port koneksi yang dituju. Untuk module biarkan pada isian sesman-Xvnc sebagai setingan default. Apabila sebelumnya anda sudah pernah terkoneksi maka sebaiknya langsung menuju port yang sebelumnya aktif. Untuk koneksi baru isikan dengan -1 yang dianggap oleh sistem sebagai koneksi baru dan akan diberikan port akses secara otomatis.
Port koneksi RDP pada Linux dimulai dari 5910 dan koneksi baru akan menempati 1 port di atasnya yaitu 5911, 5912, dst.

Untuk memutus koneksi dan membiarkan mesin remote aktif maka anda tingga mengklik tanda silang atau disconnect maka koneksi akan terputus tapi proses pada server masih berlangsung. Koneksi dapat dilanjutkan di kemudian hari menggunakan nomor port yang sama. Apabila anda memutuskan untuk menyudahi proses maka pilih menu logout pada desktop. Maka OS akan menutup semua proses dan memutus koneksi membebaskan sumberdaya untuk dipakai oleh proses lain. Apabila anda tidak ada pekerjaan yang memerlukan proses running lama maka sebaiknya logout agar tidak membebani sistem. Admin sistem berhak untuk mematikan koneksi apabila tidak ada aktivitas yang penting.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home