Saturday, January 21, 2017

Gladiabots, membuat robot petarung cerdas


Ingin merasakan jadi desainer robot cerdas untuk bertarung? Tidak perlu menggunakan robot sungguhan yang harganya mahal dan ada kemungkinan rusak setiap diadu bertarung. Game ini memberi kesempatan kita untuk merancang AI atau kecerdasan buatan bagi robot petarung yang biasa digunakan dalam game. Jadi ini bukan game mengenai bertarung melawan robot atau melawan manusia yang mengendalikan robot tetapi game mengenai adu kecerdasan buatan. Robot yang telah dibekali program otomatis akan bertarung tanpa kendali secara langsung. Program yang didesain lebih baik akan mengalahkan program yang kualitasnya lebih buruk. Tidak ada batasan robot seperti apa yang kita buat tergantung perintah2 yang tersedia. Untuk pemula hanya satu jenis robot dan sedikit perintah. Hal ini sangat baik untuk mengurangi kebingungan pemula karena ternyata proses membangun program kecerdasan robot tidak mudah. Untuk membuat program yang baik ternyata tidak mudah karena kita harus mengantisipasi setiap kemungkinan situasi sehingga robot yang kita bangun dapat bertindak secara tepat.
Pada dasarnya bagian program robot ada empat yaitu:
1. Condition
2. Action
3. Connector
4. Subtree
Condition dan Action memiliki target objek dan filter sehingga hanya aktif pada situasi yang ditentukan.

 Hasilnya adalah semacam pohon pengambilan keputusan berdasarkan situasi yang sedang berlangsung. Sering apabila robot yang didesain kurang teliti maka hasilnya robot akan diam saja atau hanya maju mundur karena bertemu situasi yang membingungkan. Perlu ditekankan bahwa di sini robot tidak memiliki inisiatif sama sekali semua tergantung dari program yang kiata berikan. Ketika bertarung kita tidak memiliki kendali sama sekali selain melihat. Seperti yang ditulis oleh pembuatnya, robot dalam gladiabots ini tergolong non playable character karena perintah tidak bisa diberikan secara langsung.


Program AI yang bagus pasti akan selalu mengalahkan program yang kurang bagus sehingga tidak ada spekulasi AI yang buruk akan menang. Tapi bisa jadi anda tidak sengaja membuat AI yang bagus sehingga sering memenangkan pertarungan. Apabila level latihan sudah diselesaikan maka kita bisa mencoba bertarung secara online melawan player lain. Setiap kemenangan akan menaikkan level dan membuka fitur2 lain seperti tambahan perintah, filter dan bot class seperti shotgun, machine gun dan sniper.
Game ini sangat bagus untuk melatih analisis untuk perencanaan dan proses pembelajaran pemrograman. Seperti mengajari robot2 yang bodoh maka diperlukan kesabaran.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home