Saturday, September 19, 2015

Android Tunawisma

Homescreen adalah bagian dari ponsel yang paling sering diubah oleh pengguna terutama wallpapernya. Homescreen sepertinya juga paling sering dikunjungi setiap akan menjalankan aplikasi dan setiap selesai dengan aplikasi. Homescreen hampir identik dengan launcher karena fungsinya untuk meluncurkan aplikasi. Homescreen + launcher adalah klasik dalam komputer desktop dan ini juga diwariskan sampai ponsel. Karena dirasa sebagai bagian yang paling sering dikunjungi sehingga pengguna sangat memperhatikan dari segi personalisasi mulai dari wallpaper sampai widget. Sebenarnya kalau mau dipikir seberapa lama pengguna memandang homescreen? Umumnya pengguna hanya beberapa detik saja memandang homescreen untuk mencari aplikasi yang akan diluncurkan, atau melihat widget jam, kalender dll. Wallpaper yang pengguna pasang? Berapa lama pengguna perlu lihat? Kalau pengguna juga memasang shortcut banyak icon bertebaran di homescreen maka wallpaper akan semakin tertutupi.
Siklus interaksi pengguna dengan homescreen mungkin bisa disimpulkan sebagai berikut:
homescreen -> app drawer -> aplikasi 1 -> homescreen -> app drawer -> aplikasi 2 dst.
Tanpa homescreen maka:
App drawer -> aplikasi 1 -> app drawer -> aplikasi 2 -> dst.
Apabila dikaitkan dengan penggunaan tombol home mekanik seperti produk Samsung maka akan menghemat pemakaian tombol tersebut. Perbedaan antara PC dan ponsel adalah pada ponsel kita tidak perlu menutup aplikasi secara eksplisit. Aplikasi yang tidak aktif akan ditutup secara otomatis untuk membebaskan memory.

Yang agak sulit adalah mengubah kebiasaan setelah bekerja dengan 1 app kemudian berpindah ke app yang lain kemudian setelah itu kita akan membersihkan recent app dengan tujuan menutup aplikasi dan itu adalah hal yang sebenarnya tidak perlu. Ada perbedaan dalam menggunakan ponsel seperti Android dan iPhone dibandingkan dengan PC, pengguna tidak perlu terlalu memikirkan RAM tersisa dan keharusan untuk menutup aplikasi setelah dipakai. Dengan penataan RAM yang sangat baik semua diatur secara otomatis. Yang perlu dilakukan pengguna adalah fokus kepada aplikasi yang sedang aktif. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna adalah sering menyimpan pekerjaan.
Jadi ada beberapa hal yang menjadi poin menggunakan smartphone yaitu aplikasi tidak perlu ditutup dan pengguna tidak perlu kembali ke homescreen setiap menjalankan atau berpindah aplikasi.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home