Thursday, April 23, 2015

Mungkin kalau buat tutorial sekompleks Plague Inc. seperti ini - Kasus Nano-virus Normal.

Salah satu resep untuk memenangkan Nano-virus level Normal
Fakta khusus:
- Beberapa negara memulai riset begitu infeksi mulai jadi waktu menjadi sangat terbatas.
- Nano virus tidak terlalu berbeda dari penyakit lainnya hanya kemampuan khususnya menghambat koordinasi dunia dalam menghentikan infeksi.

Fakta umum:
- DNA point banyak didapatkan ketika terjadi infeksi ke negara baru
- DNA point banyak didapat juga dari kematian masal
- Kematian masal akan menghambat laju riset.
- Pelabuhan dan bandara akan tertutup ketika terjadi wabah dan sepertinya tidak akan terbuka lagi.
- Ability seperti Drug Resistance, Genetic Reshuffle dan Genetic Hardening sangat membantu menghambat riset.

Menurut saya penjelasan strategi untuk game seperti Plague Inc. ini kurang cocok dengan metode walkthrough karena faktor acaknya cukup kompleks. Acuan yang bisa dipakai menurut saya adalah dari graph. Jadi screenshot graph lebih berguna karena lebih umum tanpa perlu tergantung detil spesifik.
1. Disease graph. Di situ kita bisa mengatur infectivity, severity dan lethality sehingga bisa mendapatkan infeksi maksimum di awal tanpa terdeteksi dan tidak memicu kewaspadaan. Dari graph terlihat infectivity terus meningkat sementara severity dan lethality perlu diturunkan untuk suatu waktu.
2. World graph. Dengan bantuan graph ini kita dapat berkonsentrasi melihat laju infeksi di awal tanpa menimbulkan kematian. Semakin cepat infeksi semakin baik dan prioritas infeksi ke seluruh negara karena bila ada negara yang tidak terinfeksi sudah menutup pelabuhan dan bandaranya artinya infeksi akan berhenti. Aktivitas letal dimulai ketika infeksi mencapai 90% dan seluruh negara terinfeksi.

Pastikan ketika infeksi sudah terjadi di seluruh negara kita masih punya DNA point cukup untuk melakukan mutasi dengan lethality tinggi (sekitar 60-70). Apabila infeksi belum cukup merata sementara riset penyembuhan sudah berjalan kita terpaksa mengembangkan ability seperti drug resistance, genetic reshuffle dan genetic hardening. Apabila infeksi sudah merata ke seluruh negara maka laju riset dapat dihambat dengan mulai kematian masal oleh mutasi dengan lethality tinggi. Di sini tidak perlu terlalu berhemat DNA point  karena kita akan panen DNA point selama kematian masal. Ketika laju riset melambat maka kita bisa mengurangi lethality untuk melanjutkan infeksi ke seluruh populasi manusia. DNA point di sini sangat berguna untuk melakukan evolusi ke lethality tinggi yang akan menghabiskan sisa populasi atau apabila kita bermain virus digunakan untuk devolving menurunkan lethality.
Begitu laju riset berhenti dan semua negara telah terinfeksi maka sebenarnya kita bisa menang meskipun secara lambat karena lethality dan infectivity rendah.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home