Tuesday, August 1, 2017

Remote desktop menggunakan RDP di Ubuntu dengan dukungan resume session multi user.

RDP dapat menjadi alternatif remote desktop selain VNC. RDP dan VNC dibangun dari konsep yang berbeda sehingga memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. VNC lebih mirip streaming film interaktif karena VNC mengirimkan gambar desktop utuh terkompresi sedangkan RDP mengirimkan salinan desktop dengan semua pemetaan komponen seperti tombol, huruf, scrollbar dll. RDP menampilkan desktop yang lebih tajam sedangkan VNC lebih konsisten walupun tampilannya seperti image yang dikompresi terlalu tinggi. Kelemahan dari RDP yang menjadi perhatian adalah tidak bisa menggunakan session yang sudah ada sehingga user terpaksa memulai desktop baru dan ini memboroskan sumberdaya. Hal tersebut juga tidak praktis karena pengguna harus melakukan logout dan login sehingga tidak dapat melakukan aktifitas non stop. Tapi ini bisa diakali.
1. Install dulu xrdp
sudo apt-get install xrdp
karena pengalaman sukses saya menggunakan xfce maka desktop xfce juga harus terpasang, dari pengalaman menggunakan mate juga tidak ada masalah,
sudo apt-get install xfce4
Lalu edit /etc/xrdp/startwm.sh beri comment pada
./X11/Xsession
menjadi
#./X11/Xsession
dan tambahkan di bawahnya
xfce4-session
mungkin pakai session yang lain bisa dicoba.
edit /etc/xrdp/xrdp.ini
di bawah [xrdp1]
ubah
port=-1
menjadi
port=ask
sehingga xrdp akan selalu bertanya port yang akan kita gunakan dan apabila kita masukkan port yang sedang aktif maka session akan dilanjutkan. Untuk memulai sesi baru dan mendapatkan port baru makan tinggal isikan -1 di isian port pada dialog login.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home