Saturday, February 25, 2012

Mengaktifkan Dukungan Browsing Ter-akselerasi Hardware di Chrome

Sebagai pengguna Google Chrome ternyata sekarang baru menyadari bahwa banyak misteri terpendam di browser utama saya ini. Walaupun dari segi addon dan fasilitas mungkin belum menyamai Firefox yang usianya lebih tua, tetapi dari benchmark di banyak situs menunjukkan performa Chrome bersaing bahkan lebih bagus.
Pada instalasi default fitur akselerasi oleh hardware ternyata tidak diaktifkan dalam Chrome. Ternyata ada setingan tersembunyi apabila kita mengetikkan chrome://flags pada address bar.
Beberapa setingan seperti Override software rendering list, GPU Accelerated Drawing, GPU Accelerated Canvas 2D berada pada status disabled (ada pilihan Enable). Apabila setingan tersebut di atas diubah menjadi enabled (pilihan menjadi Disable) maka beberapa fasilitas akselerasi akan aktif. Sebaiknya tidak mengaktifkan GPU compositing on all pages karena di komputer saya menyebabkan Chrome menjadi lambat. Untuk melihat status dukungan akselerasi oleh GPU maka kita ketikkan chrome://gpu.
Hal yang aneh di sini adalah pada saat pilihan WebGL diaktifkan, justru fitur WebGL malah tidak jalan.
Dengan aktifnya WebGL maka situs yang memanfaatkan akselerasi grafis 3D seperti web.chemdoodle.com dapat diakses penuh. Dengan mengaktifkan akselerasi hardware maka untuk merender web page dilakukan oleh GPU atau kartu grafis sehingga tidak membebani CPU. Perubahan pada saat browsing tidak begitu terasa tetapi tidak ada salahnya mengaktifkan fitur untuk memaksimalkan potensi hardware.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home