Friday, December 9, 2011

Memasang Postgis di LAPPStack BitNami (kisah ngoprek yang belum selesai....)

Pertama kali membaca, kemudian mendownload dan memasang BitNami LAPPStack, sepertinya belum pernah menemui instalasi Web stack semudah ini. Untuk pemula termasuk saya, dengan instalasi bisa dilakukan di dalam /home akan mempermudah bagi yang ingin belajar. Dengan bisa diinstall dalam /home dengan leluasa maka tidak perlu repot dengan password admin.  Proses instalasi akan dipandu oleh wizard untuk menentukan lokasi instalasi, nama user admin dan password admin. Proses instalasi yang mudah ini sayangnya kurang didukung oleh informasi untuk melengkapi stack dengan tambahan seperti Postgis bagi sistem database PostgreSQL dalam LAPPStack.

Untuk memasang Postgis maka kita perlu mengetahui instalasi library PostgreSQL LAPPStack kita dipasang. Apabila kita menentukan lokasi instalasi di /home/user/bin/lappstack-x.x.x-x maka lokasi library PostgreSQL kita di /home/user/bin/lappstack-x.x.x-x/postgresql/lib. Lokasi ini bisa dilihat menggunakan perintah pg_config. Untuk menjalankan perintah melalui terminal, terlebih dahulu kita harus menggunakan shell dengan konfigurasi khusus bawaan dari LAPPStack BitNami, apabila kita menggunakan shell bawaan OS maka biasanya library akan dinyatakan berada di /usr/lib. Kita bisa memasang PostGIS bawaan OS ke dalam PostgreSQL LAPPStack. Hanya saja permasalahannya PostgreSQL dari LAPPStack tidak mengenali instalasi Postgis dan berusaha mencari library Postgis-1.5.so di /home/usr/bin/lappstack-x.x.x-x/postgresql/lib. Kita bisa mengakali konfigurasi dengan membuat softlink Postgis-1.5.so dalam lib dari LAPPStack dengan perintah ln -s /usr/lib/postgresql/9.1/lib/postgis-1.5.so /home/user/bin/lappstack-x.x.x-x/postgresql/lib. Setelah proses ini maka kita mengimpor fungsi2 Postgis dari postgis.sql dan spatial_ref_sys.sql melalui perintah seperti biasa.
psql -U user -d postgisdbase -f /usr/share/postgresql/9.1/contrib/postgis-1.5/postgis.sql dan
psql -U user -d postgisdbase -f /usr/share/postgresql/9.1/contrib/postgis-1.5/spatial_ref_sys.sql.

Sekarang permasalahannya adalah ada satu file dari Postgis yang tidak dapat dipasang yaitu postgis_comments.sql dan PostgreSQL masih belum bisa digunakan untuk menyimpan data sapasial paling tidak dengan menggunakan plugin SPIT dalam QuantumGIS.

....bersambung kalau ada perkembangan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home