Tuesday, March 13, 2012

Pengalaman seting Ubuntu 11.10 untuk presentasi

Ada kebiasaan saya yang ujung2nya sepertinya menyusahkan diri sendiri pada saat Ubuntu digunakan untuk presentasi. Pada setingan awal Ubuntu menyediakan 4 virtual workspace untuk menghindari desktop dan launcher menjadi penuh oleh window yang kita buka. Kebiasaan saya adalah menghilangkan 3 workspace yang lain dan menyisakan hanya satu untuk beraktivitas dengan alasan menghemat sumberdaya. Ternyata workspace extra tersebut diperlukan untuk tampilan multi monitor atau menggunakan LCD projector. Masalah yang saya temui saat hanya menggunakan 1 workspace muncul karena resolusi layar laptop dan projector berbeda. Satu2nya resolusi yang bisa ditampilkan oleh dua display tersebut adalah 640x480 yang terlihat sangat kasar. Kemudian saya mencoba untuk mengembalikan ke seting awal dengan perintah unity --reset maka jumlah workspace kembali menjadi 4. Karena 4 workspace masih terasa membuang2 resource jumlahnya saya kurangi tetapi sekarang saya sisakan dua. Hasilnya di luar dugaan pada saat dihubungkan dengan projector, ternyata masing2 workspace ditampilkan pada display yang berbeda. Dengan demikian masing2 dapat diset menggunakan resolusi yang berbeda sehingga dapat tampil maksimal. Apabila hendak memindahkan window dari tampilan laptop ke projector atau sebaliknya tinggal drag ke workspace yang bersangkutan.
Virtual Workspace yang ternyata berguna bagi multiple display

Apabila umumnya untuk mengaktifkan fungsi dual display menggunakan Fn+F (sesuai jenis laptop), maka pada Ubuntu perlu juga melihat status display dengan cara membuka jendela Display Settings. Untuk mengaktifkan secondary display maka statusnya harus diubah dari OFF ke ON. Waktu masih menggunakan single workspace maka perlu dicentang Mirror Display yang akan menyamakan resolusi kedua display yang hasilnya ternyata kurang optimal. Dengan dua workspace maka masing2 display dapat menggunakan resolusi yang optimal.
Contoh Display Settings

Untuk program presentasi, di sini saya menggunakan Libreoffice Impress, pada menu Slideshow>Slideshow Settings.... bagian opsi Multiple Displays perlu ditentukan presentasi akan ditampilkan pada display yang mana. Apabila sedang beruntung dengan instalasi Libreoffice yang baik, dengan menginstall presenter-console maka kita akan mendapatkan panel khusus. Panel ini akan memungkinkan kita melakukan navigasi, mengetahui durasi slide dan melihat notes yang mungkin menyertai slide kita. Presenter console ini tidak akan ditampilkan pada projector, hanya si presenter yang melihat.
Contoh presenter console

1 Comments:

Blogger Oktavera Rahardi said...

This comment has been removed by the author.

March 14, 2012 at 10:36 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home