Thursday, April 19, 2012

Install Oracle (Sun) JRE SE 6

Diterjemahkan dari help.ubuntu.com,

Beberapa situs kadang keras kepala dengan masih menggunakan Java dengan baku dari Oracle (dulu Sun). Ubuntu pada versi2 terahir tidak lagi mendukung instalasi Java dari Oracle karena permasalahan lisensi dan hasilnya beberapa situs yang memerlukan Java applet tidak berhasil menampilkan applet seperti seharusnya. Dengan terpaksa akhirnya menginstal JRE dari Oracle di http://download.oracle.com/otn-pub/java/jdk/6u31-b04/jre-6u31-linux-i586.bin yang sebenarnya juga free. Bagi saya sebenarnya ini tidak masalah tetapi sedikit menjadikan Ubuntu tidak fully working out of the box.


Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan menggunakan terminal.
$ wget http://download.oracle.com/otn-pub/java/jdk/6u31-b04/jre-6u31-linux-i586.bin $ chmod u+x jre-6u31-linux-i586.bin $ ./jre-6u31-linux-i586.bin $ mv jre1.6.0_31 /usr/lib/jvm/ $ sudo update-alternatives --install "/usr/bin/java" "java" "/usr/lib/jvm/jre1.6.0_31/bin/java" 1 $ sudo update-alternatives --install "/usr/lib/mozilla/plugins/libjavaplugin.so" "mozilla-javaplugin.so" "/usr/lib/jvm/jre1.6.0_31/lib/i386/libnpjp2.so" 1


dan kemudian umumnya harus merestart browser dan java applet bisa berjalan. Pada Google chrome akan muncul permintaan ijin untuk menjalankan plugin applet.


Untuk selalu memberikan ijin plugin java applet maka kita perlu masuk ke chrome://plugins dan mencari bagian Java - Version: 1.6.0_31 dan mencentang Allow. Mungkin hal ini tidak direkomendasikan dengan alasan keamanan tapi memang praktis. Lagipula sistem dalam Linux berjalan local untuk masing user sehingga apabila ada kerusakan yang ditimbulkan spesifik user tersebut.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home