Tuesday, May 1, 2012

Smartphone berikutnya, berbasis Linux.

Walaupun agak susah tetapi penggunaan smartphone berbasis layar sentuh sangat membantu.


Pengalaman dengan smartphone bukanlah yg pertama.  Dahulu ketika masih rame smartphone dengan teknologi OS Symbian, segala macam fitur dan aplikasi pun dicoba. Mulai mobile e-mail, bluetooth keyboard hingga smartphone sebagai remote control dengan koneksi bluetooth.

Setelah itu demam akan  smartphone berkurang karena kegiatan ngoprek beralih ke pc setelah migrasi menggunakan Linux. Smartphone bukan lagi prioritas.


Kegiatan yang semakin banyak mulai mengharuskan mencari sebuah gadget yang bisa berfungsi sebagai organizer, memperlancar komunikasi dan penyimpan data dalam sekala tidak terlalu besar. Dengan memiliki koneksi internet yang cukup stabil, menambah wawasan mengenai layanan cloud yang disediakan gratis. Pilihan phone yang tadinya hanya untuk sekedar organizer dengan fungsi kalender, bergeser ke smartphone  dengan sistem operasi Android. Saya menggunakan Linux dan percaya bahwa Linux itu scalable, mulai super komputer hingga smartphone.


Kebetulan menemukan smartphone Android  dengan harga murah menggunakan versi agak lama daripada yang sedang trend beredar di pasaran. Tetapi setelah mencoba beberapa fitur ternyata tidak mengecewakan. Bahkan beberapa aplikasi yang dilaporkan bermasalah di OS versi yang lebih baru dapat berjalan lancar. Walaupun tidak terlalu berpengaruh,tetapi pengalaman menggunakan Linux dan berbagai layanan di internet sangat membantu penggunaan smartphone Android secara maksimal. Dikarenakan OSnya dikembangkan oleh Google, maka smartphone ini sangat berkaitan dengan layanan Google di internet, seperti search engine, e-mail, blog, calendar dll. Tetapi selama itu gratis tidak menjadi masalah bagi saya.


Memiliki smartphone bukan bukan gaya hidup, tetapi sekedar memaksimalkan layanan teknologi informasi yang diberikan gratis di luar biaya untuk koneksi internetnya. Beberapa software memang tidak gratis, tetapi dengan yang gratis sudah cukup membantu dalam kegiatan sehari-hari.


Published with Blogger-droid v2.0.4

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home